Selasa, 02 Maret 2010

sejarah E-commerce

Early development Perkembangan awal

The meaning of electronic commerce has changed over the last 30 years. Yang dimaksud dengan electronic commerce telah berubah selama 30 tahun terakhir. Awalnya, perdagangan elektronik berarti fasilitasi transaksi komersial secara elektronik, menggunakan teknologi seperti Electronic Data Interchange (EDI) dan Transfer Dana Elektronik (TDE). Ini sama-sama diperkenalkan pada akhir 1970-an, bisnis yang memungkinkan untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronikPertumbuhan dan penerimaan kartu kredit, anjungan tunai mandiri (ATM) dan telepon perbankan di tahun 1980-an juga bentuk perdagangan elektronik. Bentuk lain dari e-commerce adalah sistem reservasi maskapai ditandai oleh Sabre di Amerika Serikat dan Travicom di Inggris.

Belanja online, sebuah komponen penting perdagangan elektronik, diciptakan oleh Michael Aldrich di Inggris pada tahun 1979. Pertama di dunia yang tercatat B2B adalah Thomson Holidays pada tahun 1981 [1] Yang pertama adalah B2C tercatat Gateshead SIS / Tesco pada tahun 1984 [2] di dunia belanja online pertama yang tercatat adalah Nyonya Jane Snowball dari Gateshead, Inggris [3] Selama tahun 1980-an, belanja online juga digunakan secara luas di Inggris oleh produsen mobil seperti Ford, Peugeot-Talbot, General Motors dan Nissan. [4] Semua organisasi-organisasi ini dan lain-lain menggunakan sistem Aldrich. Sistem diaktifkan menggunakan jaringan telepon umum di dial-up dan leased line mode. There was no broadband capability. Ada kemampuan broadband.

Dari tahun 1990-an dan seterusnya, perdagangan elektronik akan ditambah mencakup perencanaan sumber daya perusahaan sistem (ERP), data mining dan data pergudangan.

Contoh awal banyak-ke-banyak perdagangan elektronik barang fisik adalah Boston Computer Exchange, sebuah pasar untuk komputer yang digunakan diluncurkan pada tahun 1982. Informasi online awal pasar, termasuk konsultasi online, adalah Pertukaran Informasi Amerika, pra lain Internet [klarifikasi diperlukan] sistem online diperkenalkan pada tahun 1991.

Pada tahun 1990 Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web dan mengubah jaringan telekomunikasi akademik ke dalam dunia komunikasi sehari-hari orang umum sistem yang disebut internet / www. Perusahaan komersial di internet sangat dilarang sampai tahun 1991. [5] Meskipun Internet menjadi populer di seluruh dunia sekitar 1994, ketika pertama belanja online internet yang mulai, butuh waktu sekitar lima tahun untuk memperkenalkan protokol keamanan dan DSL terus-menerus memungkinkan koneksi ke Internet. Pada akhir 2000, banyak orang Eropa dan perusahaan-perusahaan bisnis Amerika menawarkan jasa mereka melalui World Wide Web. Sejak itu orang mulai mengaitkan kata "e-commerce" dengan kemampuan membeli berbagai barang melalui Internet menggunakan protokol aman dan layanan pembayaran elektronik.

Electronic Commerce, yang dikenal sebagai (elektronik pemasaran) e-commerce atau eCommerce, terdiri dari pembelian dan penjualan produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan lain jaringan komputer. Jumlah perdagangan dilakukan secara elektronik telah berkembang luar biasa dengan penggunaan internet yang luas. Penggunaan perdagangan dilakukan dengan cara ini, memacu dan menggambar pada inovasi dalam transfer dana elektronik, manajemen rantai suplai, pemasaran Internet, proses transaksi online, pertukaran data elektronik (EDI), inventory management sistem, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Commerce elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di beberapa titik dalam transaksi's siklus hidup, meskipun yang lebih luas dapat mencakup berbagai teknologi seperti e-mail juga.

Sebuah persentase besar elektronik commerce dilakukan sepenuhnya elektronik untuk virtual barang-barang seperti akses ke konten premium pada sebuah situs web, namun sebagian besar elektronik commerce melibatkan transportasi fisik item dalam berbagai caraOnline pengecer kadang-kadang dikenal sebagai e-tailers and online retail kadang-kadang dikenal sebagai e-ekor. Hampir semua pengecer besar telah elektronik commerce kehadiran di World Wide Web.

Electronic commerce yang dilakukan antara perusahaan yang disebut sebagai business-to-business atau B2B, B2B dapat terbuka untuk semua pihak yang berkepentingan (misalnya pertukaran komoditi) atau terbatas pada spesifik, pra-kualifikasi peserta (swasta pasar elektronik). Electronic commerce yang dilakukan antara perusahaan dan konsumen, di sisi lain, ini disebut sebagai business-to-konsumen atau B2C. Ini adalah jenis electronic commerce yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan seperti Amazon.com.

Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan Ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis.

Bentuk

Contemporary electronic commerce meliputi segala sesuatu mulai dari memesan "digital" konten untuk konsumsi langsung online, untuk pemesanan barang dan jasa konvensional, untuk "meta" untuk memfasilitasi layanan jenis perdagangan elektronik.

Pada tingkat konsumen, perdagangan elektronik ini kebanyakan dilakukan di World Wide Web. Seorang individu bisa pergi online untuk membeli sesuatu dari buku-buku atau bahan makanan, untuk barang-barang mahal seperti real estat. Contoh lain akan menjadi online banking, yaitu pembayaran tagihan secara online, membeli saham, mentransfer dana dari satu account ke account lainnya, dan kawat memulai pembayaran ke negara lainSemua kegiatan ini dapat dilakukan dengan beberapa stroke dari keyboard.

Pada tingkat kelembagaan, perusahaan-perusahaan besar dan institusi keuangan menggunakan internet untuk pertukaran data keuangan untuk memfasilitasi usaha domestik dan internasional. Integritas dan keamanan data sangat panas dan isu-isu mendesak untuk perdagangan elektronik hari ini.

sumber:google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar